YouTube magic that brings views, likes and suibscribers
Get Free YouTube Subscribers, Views and Likes

JALUR EKSTRIM Dieng Pekalongan lewat Hutan Hujan Tropis Satu Satunya di Pulau Jawa

Follow
Neto Nur

Perjalanan kali ini akan saya tunjukan salah satu jalan ekstrim dari arah Dieng ke Pekalongan melewati satu satunya hutan hujan tropis di Pulau Jawa.
Saya mengawali perjalanan dari kawasan wisata Dieng, kemudian melanjutkan ke arah Pasar Batur Banjarnegara, dan dilanjutkan ke arah pasar Sibebek Wanayasa Banjarnegara.

Sesampainya di pertigaan pasar Sibebek Wanayasa belok ke kanan atau ke arah utara menuju perbatasan Banjarnegara dengan Kabupaten Pekalongan. Disini kita akan melewati perkebunan Teh Pagilaran Jatilawang yang berada di wilayah desa Jatilawang Kec. Wanayasa Banjarnegara yang merupakan desa perbatasan dengan Kab. Pekalongan.
setelah melewati Ds. Jatilawang selanjutnya kita akan melewati hutan Pinus kemudian sampailah di Ds. Gumelem Kec. Petungkriyono Kab. Pekalongan yang merupakan Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara.
Dari desa Gemelem perjalanan dilanjutkan ke Kec. Petungkriyono, kita akan melewati kawasan perbukitan dan hutan Petungkriyono yang memiliki jalur ekstrim dimana kondisi jalannya yang mempunyai karakter tanjakan terjal dan turunan curam serta penuh dengan kelokan dan ditepi jurang.

kita akan melewati kawasan hutan pohon pucuk merah dimana pemandangan terasa indah dan eksotis sekali, setelah melewati desa Gumelem dan desa Tlogohendro sampailah kita di pusat Kecamatan Petungkriyono yang terbilang cukup sepi karena letaknya di tengah Hutan.

Hutan Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah adalah satusatunya hutan hujan tropis yang tersisa sebagai paruparunya Jawa Tengah. Hutan ini masih sangat alami dan terjaga kelestariannya. di hutan ini masih terdapat hewanhewan langka yang dilindungi diantaranya yaitu Owa Jawa dan Elang Jawa bahkan hewan buas seperti Macan kumbang masih ada.

di jalan hutan Petungkriyono juga terdapat beberapa tempat wisata diantaranya yaitu Weloasri, Curug Bajing dan Black Canyon. sepanjang perjalanan kita harus hatihati karena jalan yang berkelok dipinggir jurang serta ada juga sebagian jalan yang berlumut namun tidak mengurangi ke eksotikan pemandangannya dimana ada pohon pohon besar, aliran sungai di tebingtebing pinggir jalan dan ada juga air terjun yang berada di pinggir jalan yaitu air terjun Sibedug.

berakhirnya perjalanan melewati kawasan Hutan Petungkriyono dari Dieng ke Pekalongan ditandai dengan Tugu Hutan Petungkriyono. selanjutnya dari sini kita lanjutkan perjalanan ke Doro Pekalongan.

Channel ini memberikan informasi tentang tempat wisata, perjalanan, kuliner dan budaya